-->

Thursday, May 14, 2020

Makna "jpe satu"

Oleh: Ahmad Fajar Ramadhan

Manusia dilahirkan sebagai makhluk sosial, diciptakan saling berdampingan, dalam hidup diperlukan kekompakan dan kebersamaan untuk menyatukan setiap kelompok. Sungguh indah dan terasa menyenangkan dalam hidup seseorang ketika mengenang masa-masa kebersamaaan mereka baik dengan keluarga, rekan kerja, teman kelas, dan lain-lain di masa lampau. Kebersamaan dan kekompakan seolah menjadi impian setiap orang yang diharapkan akan menjadi kenyataan. Kenyataan untuk menghadirkan dan mempertahankan rasa kepedulian, kasih sayang, saling berbagi, rasa saling mengalah, saling menghormati, dan kerukunan yang diiringi dengan canda tawa pelipur lara.

Kebersamaan tidak berarti selalu bersama kapanpun dan dimanapun. Kebersamaan adalah awal dari terciptanya kedamaian hidup  antar manusia yang menjadi dasar terciptanya kekompakan. Kekompakan adalah bekerja sama secara teratur dan rapi, bersatu padu dalam menghadapi suatu pekerjaan yang biasa ditandai adanya inisiatif untuk saling tolong menolong. Sedangkan kebersamaan adalah segala sesuatu yang kita lakukan dan pikirkan selalu melibatkan orang lain, karena dampak dan hasilnya selalu dapat dirasakan bersama baik suka maupun duka, serta selalu merasa tenang dalam melakukan suatu pekerjaan karena hati kita selalu merasa bersama.

Kebersamaan dan kekompakan memiliki hubungan yang erat. Tanpa ada kebersamaan, tidak akan ada kekompakan, begitu pula sebaliknya. Kebersamaan dan kekompakan dapat tercipta dengan adanya kesamaan hobi, suku, pekerjaan, adanya waktu untuk berkumpul, dan lain-lain. Kekompakan dan kebersamaan tidak hanya dapat tercipta dalam suatu kelompok kecil, melainkan juga dalam suatu kelompok besar. Misalnya Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya yang mahasiswa dan mahasiswinya terdiri dari berbagai daerah. Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya terdiri dari 4 program studi:
1. Pendidikan Ekonomi
2. Pendidikan Administrasi Perkantoran
3. Pendidikan Akuntansi
4. Pendidikan Tata Niaga

Menjaga persatuan dan kekompakan tidak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh kesabaran, inisiatif untuk saling mengerti, rasa ingin saling memaafkan, dan kekompakan. Setiap orang memiliki tujuan hidup dan ego yang berbeda-beda. Setiap orang juga memiliki persepsi yang berbeda walaupun sebenarnya bertujuan sama.

Pernahkah kalian berpikir bagaimana cara Wright bersaudara menyatukan konsep mereka dalam menciptakan model pesawat terbang? Dua orang yang walaupun bersaudara, namun memiliki ide dan kepribadian yang berbeda. Kebersamaan, kekompakan, dan rasa saling mengertilah yang menyatukan mereka, menyatukan persepsi dua orang yang berbeda. Kerja sama merupakan salah satu kunci keberhasilan untuk mencapai sebuah cita-cita besar. Kebersamaan dan kekompakan perlu kita lakukan untuk membesarkan Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Mari kita membangun kebersamaan dan kekompakan untuk saling tolong menolong dalam kebaikan dan jangan membangun kebersamaan dan kekompakan dalam keburukan.

Kekompakan memiliki dampak positif dan negatif, dampak positifnya adalah terjalinnya hubungan yang baik antar warga Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya yang menyebabkan terciptanya kerukunan dan adanya sikap mau mengalah serta mengurangi kesalahpahaman. Dampak negatifnya adalah ketika kekompakan diartikan sesuatu yang menimbulkan hal-hal negatif, seperti perkelahian, tawuran, dan lain-lain.

Hal-hal yang perlu diperhatikan agar Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya menjadi jurusan yang baik dan kompak adalah tetaplah bersikap baik, memiliki inisiatif untuk saling menolong dalam menciptakan kebersamaan dan kekompakan, membangun relasi antar jurusan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya dan antar program studi di Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya dengan baik. Hindari sifat iri, hindari sifat egosentrisme, dan yang tidak kalah pentingnya adalah tetap jaga kebersamaan dan kekompakan yang telah dibangun. Sama halnya dengan bermasyarakat dalam jenjang kuliah, diperlukan hal-hal tersebut.

Mari kita tingkatkan rasa kebersamaan dan kekompakan. Tanpa dua hal itu, apapun yang kita lakukan akan terasa susah. Dengan adanya kebersamaan dan kekompakan, kita akan merasa nyaman, segala sesuatu terasa mudah dan kita tidak perlu menanggung beban atau masalah sendirian. Mari kita tingkatkan kebersamaan dan kekompakan demi menjaga persatuan, kebersamaan, dan kekompakan dalam wadah Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh. Tak ada gading yang tak retak, tak ada orang yang sempurna, belajarlah untuk memahami orang lain, dan terus jaga kebersamaan dan kekompakan.

HIMA JPE merupakan sebuah organisasi mahasiswa selingkup jurusan yang menaungi aspirasi, minat dan bakat mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi universitas negeri surabaya.

0 comments:

Post a Comment

Contact

Send Us A Email

Address

Contact Info

Sekretariat HIMA JPE FE Unesa Gedung G11, Universitas Negeri Surabaya. Surabaya - Jawa Timur | Indonesia.

Address:

Jl. Ketintang, Surabaya

Phone:

+6281335684810 (Haidar)

Email:

himajpeunesa@gmail.com